Kamis, 18 Oktober 2012

CARA MEMBUAT JAMU KUNYIT ASEM YANG SEGAR

Kunyit Asem
Diantara jamu-jamu yang terdapat di Indonesia yang paling enak, menyegarkan, dan banyak disukai oleh semua kalangan baik anak kecil maupun orang dewasa adalah jamu kunyit asem. Apalagi anak saya, kalau ada ibu jualan jamu gendhong lewat, dia pasti minta jamu kunyit asem. Tapi tiap kali minum jamu tersebut selalu batuk, ntah mungkin gulanya bukan dari gula asli atau bagaimana, saya juga kurang tahu. Dari pada anak saya batuk, makanya saya berinisiatif membuatkan jamu kunyit asem sendiri. Bukan hanya menyegarkan, kunyit asem kaya akan manfaat.

Ntah, karena rasa jamu yang saya bikin itu enak atau bagaimana, sehingga anak saya sering minta dibuatkan jamu kunyit asem. Saya tidak memakai resep jamu pada umumnya orang membuat jamu, namun saya membuat resep turun temurun dari ibu saya. Rasanya memang sangat beda, karena resep jamu yang saya buat jauh lebih segar dan enak.
Nah, oleh karena itu saya ingin berbagi terutama ibu-ibu yang membaca tulisan saya ini. Berikut ini adalah resepnya:

KUNYIT ASEM

Bahan:
* Kunyit 500 gr, cuci bersih
* Asem 150 gr (sesuai selera, bisa ditambahkan apabila kurang masam)
* Keningar/kayu manis 10 cm, cuci bersih
* Kapulogo 1/2 genggam tangan, cuci bersih
* Gula jawa 250 gr
* Gula pasir 500 gr
* Garam secukupnya
* Air 8 ltr

Cara Membuat:
1. Iris kunyit tipis-tipis
2. Masukkan semua bahan ke dalam panci stainless steel
3. Didihkan hingga air tinggal 5 ltr, atau hampir separuh
4. Dinginkan dan sajikan, bisa ditambahkan dengan es batu

Alasan kenapa harus dididihkan lebih lama agar jamu tidak langu. Kunyit asem juga bisa dijadikan sajian saat ada tamu, hal itu juga saya lakukan. Selamat mencoba!!!


Tidak ada komentar: