Senin, 15 Oktober 2012

TIPS AGAR ANAK BISA MEMBACA

Anak pintar membaca
Mengajari anak memang gampang-gampang susah. Itu yang saya alami. Sekarang ini anak saya sudah masuk TK A padahal umurnya masih 4 tahun kurang. Tapi walau masih 4 tahun anak saya sudah hafal huruf alphabet dan angka. Maka dari itu saya Pede memasukkan dia ke TK. Katanya sekarang di TK sudah harus bisa membaca. Lalu saya coba mengajari anak saya membaca dan walhasil, susah banget. Terus saya coba metode baru yaitu dengan cara mengejakan nama-nama temannya
yang mudah-mudah ejaannya misal DI-NI, DA-FA, RA-KA, dan lain-lain. Hal itu saya lakukan tiap dalam perjalanan pulang sekolah, saya mengejakan nama-nama temannya. Sedikit demi sedikit dia bisa sampai akhirnya saya mencoba mengejakan kata yang lebih sulit yaitu yang ada akhirannya misal RI-FAL, RIS-MA, A-BIM, dan lain-lain. Dan Alhamdulillah dengan cara seperti itu anak saya dalam beberapa minggu sudah bisa mengeja kata-kata.
Tipsnya sangat mudah, yaitu:
1. ejakan kata-kata yang ada di sekelilingnya, misal nama-nama temannya.
2. apabila dia mengeja dengan benar beri sanjungan misal "anak pintar"
3. apabila anak tetap tidak bisa, terus dan terus ulangi ejaan tersebut hingga dia bisa.

Nah, itulah tips dari saya berdasarkan pengalaman saya sendiri. Apabila ibu-ibu punya pertanyaan silahkan menuliskannya di kolom komentar. Semoga berhasil!!!

Tidak ada komentar: