Minggu, 12 Februari 2012

Khasiat Si Pedas Jahe

Nama ilmiah Jahe adalah Zingiber Officinale Rosc. Lain daerah lain pula cara penyebutannya, untuk daerah Aceh menyebutnya halia, untuk daerah Batak Karo menyebutnya bahing, daerah Sumatra Barat menyebutnya sipadeh atau sipodeh, daerah Lampung menyebutnya jahi, daerah Jawa menyebutnya jae, daerah Sunda menyebutnya jahe, daerah Madura menyebutnya jhai, daerah Bugis menyebutnya pese, dan daerah Papua menyebutnya lali. Sedangkan nama asing jahe adalah chiang p’I, khan ciang (Cina), gengibre (Spanyol), ingefaera (Swedia), imbir (Rusia), halia
(Malaysia), sanyabil (Arab), zensero (Italia),dan ginger (Inggris).
Bukan hanya sebagai penyedap dalam memasak, namun jahe juga sangat berkhasiat untuk pengobatan. Khasiat jahe antara lain:
1.    Rematik
Ambil 2 rimpang jahe, panaskan diatas api atau bara, kemudian tumbuk. Tempelkan tumbukan tersebut pada bagian yang sakit rematik.
2.    Luka karena lecet, ditikam benda tajam, terkena duri, jatuh, serta gigitan ular
Tumbuk rimpang jahe merah lalu beri garam. Letakkan tersebut pada bagian yang terkena luka.
3.    Eksim
Parut jahe, lalu peras ambil airnya. Parut lobak, lalu campur dengan air perasan jahe. Oleskan pada bagian tubuh yang terkena eksim, hingga sembuh.
4.    Saraf muka yang sakit
Campur kentang yang sudah diparut, tepung terigu, dan jahe parut. Beri sedikit air hangat. Lalu tempelkan ramuan tersebut ke muka yang sakit, ulangi hingga sembuh.
5.    Khasiat lain
Jahe bermanfaat sebagai penambah nafsu makan, memperkuat lambung, dan memperbaiki pencernaan.

(Sumber: Buku “Tanaman Obat Keluarga” Ir. Fauziah Muhlisah)

Tidak ada komentar: