Senin, 13 Februari 2012

Khasiat Jambu Biji

Nama ilmiah dari jambu biji adalah Psidium Guajava L. Nama daerah jambu biji untuk daerah Sumatera adalah glima breueh, glimeu beru, galiman, masiambu, biawas, jambu biawas, atau jambu batu; daerah Jawa menyebutnya jambu kelutuk, jambu krutuk, atau jhambu bhender; daerah Nusa Tenggara menyebutnya kojabas, dan daerah Maluku menyebutnya kayawese. Sedangkan nama asing jambu biji untuk Negara Cina menyebutnya fan shi liu gan, dan Negara Inggris menyebutnya guava.
Bukan hanya manis dan segar dimakan namun jambu biji juga kaya akan
khasiat untuk berbagai pengobatan, antara lain:
1.    Diare
Ambil segenggam beras, jambu biji 30 gr, dan air 1-2 gelas. Rebus hingga mendidih, setelah dingin minum 2x sehari. Atau cara lain yaitu dengan cara mengunyah daun biji yang masih muda dengan sedikit garam, lalu telan. Lakukan 2x dalam sehari.
2.    Sariawan
Rebus 1 genggam daun jambu biji segar dan 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air. Saring air hasil rebusan, dan minum 2x sehari.
3.    Luka berdarah atau borok disekitar tulang
Lumatkan daun biji segar, lalu tempelkan pada tempat yang sakit. Ulangi hingga sembuh.
4.    Kencing manis
Rebus jambu biji yang masih mengkal atau mentah dengan 3 gelas air, didihkan hingga airnya tersisa 1 gelas. Saring air rebusan, minum 2x sehari.
5.    Ambeien
Ambil beberapa lembar pucuk daun jambu biji dan sebuah pisang batu. Cuci bersih lalu tumbuk hingga halus. Peras hasil tumbukan tersebut, lalu minum. Minum ramuan tersebut setiap hari, walau sudah tidak sakit lagi tetapminum ramuan tersebut hingga benar-benar sembuh.
6.    Kembung pada anak
Ambil 3 lembar pucuk daun jambu biji, lalu rebus dengan 2 cangkir bersama ½ jari kulit batang pulosari dan 5 butir adas. Rebus hingga air tersisa 1 cangkir. Saring air rebusan. Untuk anak umur 3 tahun, beri cairan ini sebanyak 2 sendok makan sehari 3 kali. Sedangkan anak yang lebih tua diberi 1 cangkir sehari.

(Sumber: Buku “Tanaman Obat Keluarga” Ir. Fauziah Muhlisah)

Tidak ada komentar: