Kamis, 09 Februari 2012

Khasiat Belimbing Wuluh

Nama latin dari belimbing wuluh adalah Averrhoa bilimbi L. Lain daerah lain pula cara penyebutannya, misalnya untuk daerah Aceh menyebutnya “limeng”, daerah Gayo menyebutnya “selemeng”, daerah Batak menyebutnya “asom belimbing dan balimbingan, daerah Nias menyebutnya “malimbi”, daerah Jawa menyebutnya “blimbing wuluh”, daerah Madura menyebutnya “bhalimbing bulu”,daerah Bali menyebutnya “blingbing buloh”, daerah Bugis menyebutnya “calene”, dan untuk daerah Halmahera menyebutnya “malibi”. Sedangkan nama asing dari belimbing wuluh adalah bilimbi atau cucumber tree (Inggris) dan kamias (Filiphina).

Kandungan zat kimia dari tanaman belimbing wuluh adalah saponin, tannin, glukosida, kalsium oksalat, sulfur, asam format, dan peroksida.
Khasiat dari belimbing wuluh diantaranya adalah:
1.    Gusi berdarah
Mengkonsumsi buah belimbing wuluh segar secara rutin. Atau apabila tidak kuat dengan rasa asamnya bisa mengkonsumsi manisan belimbing wuluh secara rutin.
2.    Jerawat
Ambil 3 buah belimbing wuluh segar, cuci hingga bersih. Setelah itu parut dan beri sedikit garam. Tempelkan ramuan tersebut pada kulit yang berjerawat. Lakukan 2x sehari, hingga sembuh.
3.    Darah tinggi
Siapkan 3 buah belimbing wuluh dab biji sriganding 25 gr, cuci bersih. Tumbuk biji sriganding hingga halus. Rebus biji halus beserta belimbing wuluh dengan 4 gelas air. Setelah mendidih, dinginkan. Saring ramuan sebelum diminum. Minum satu gelas sehari.

Tidak ada komentar: